(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

PELATIHAN DASAR LINMAS : DALAM RANGKA PENGAMANAN PEMILU

Admin banjar | 20 Maret 2014 | 7474 kali

Kecamatan Banjar melalui Seksi Perlindungan Masyarakat, Ketentraman dan Ketertiban (Linmas-Tramtib) mengadakan kegiatan pembinaan dalam rangka peningkatan disiplin, pengetahuan penanggulangan bencana, dan pembekalan pengamanan pelihan umum bagi anggota linmas desa se-Kecamatan Banjar, bertempat di lapangan umum desa banjar. Masing-masing desa diwakili 3 (tiga) anggota linmas dan unsur Posek/Koramil banjar sebagai instruktur dalam pelatihan ini.

Pelatihan yang dilaksanakan tiga hari (18-20/3) dibuka oleh Camat Banjar yang diwakili oleh Kasie Linmas Trantib, Ketut Darmawan, Sm.Sp, diawali dengan berdoa bersama, dalam sambutannya “Salah satu tugas anggota Linmas adalah membantu menjaga keamanan masyarakat di lingkungannya masing – masing”, jelasnya. Sehingga Linmas berperan dalam deteksi dini terhadap gangguan, ancaman dan tantangan tehadap keamanan lingkungan di masyarakat. Selain itu dalam menjaga keamanan masyarakat saat Pemilihan Umum, peran Linmas sangat membantu. Dalam kesempatan ini pula diharapkan  para anggota Linmas diharapkan mengikuti dengan sungguh-sungguh apa yang diberikan para intruktur nanti.

Dalam pembinaan tersebut para anggota Linmas diberi dasar – dasar Pelatihan Baris Berbaris oleh pihak Koramil dan Kepolisian. Mereka diberi latihan dasar gerakan di tempat, aba – aba, cara siap sempurna, penghormatan, istirahat di tempat, dsb. Setelah itu dilanjutkan dengan materi tentang keamanan, tindak pidana kejahatan, bagaimana seorang anggota Linmas menangani kaitannya dalam deteksi dini terhadap hal tersebut dsb.

Kemudian di materi pembinaan Linmas berikutnya, peserta dibekali informasi mengenai ketugasan Linmas oleh para instuktur, anggota linmas mengikuti pelatihan ini dengan antusias