(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

LOMBA PESANTIAN "JAGAT KERTA MASA"

Admin banjar | 26 Maret 2014 | 961 kali

Singaraja – Pesantian dan Geguntangan Desa Kayuputih wakili Kecamatan Banjar dalam lomba pesantiian yang dilaksanakan di Gedung Wanita Laksmi Graha (26/3)

Kegiatan yang mengambil tema “Melalui Lomba Pesantian kita lestarikan adat dan seni budaya bali” ini merupakan rangkaian acara yang digelar dalam rangka memperingati HUT Kota Singaraja ke-410. Pewakilan Kecamatan Banjar mendapat no urut 9 untuk tampil dan membawakan gita santi dengan judul "Jagat Kerta Masa" .

Pesantian dan Geguntangan merupakan perpaduan seni tabuh dan seni suara, nyanyian/gita yang dilantunkan bisa berupa Sekar Alit, Sekar Madya dan Sekar Agung, biasanya berisikan tentang kehidupan sehari-hari ataupun petuah-petuah untuk umat manusia, dan juga merupakan salah satu cara untuk memahami ajaran agama yang tertuang dalam nyanyian/gita tersebut.

Diakhir penampilannya Duta dari Kecamatan Banjar menyampaikan inti dari gita santi yang telah dilantunkan.

"Dalam mewujudkan kesejahteraan tak lupa kita memohon kehadirat tuhan dalam manifestasi sebagai Dewi Laksmi/Dewi Sri. Memang sulit untuk mewujudkan kesejahteraan tersebut apalagi ditengah ketidak pastian, meskipun demikian mari kita laksanakan apa yang menjadi kewajiban, dan tingkatkan rasa saling asah, asih, dan asuh, niscaya kesejahteraan dapat terwujud".