(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Rapat Koordinasi Kelompok Rujukan Masyarakat Kabupaten Buleleng “Bali Bebas Demam Berdarah”,

Admin banjar | 08 November 2023 | 294 kali

Kasi Sosbud, Ni Luh Sucitastrining, S.Sos., bersama Staf mengikuti Rapat Koordinasi Kelompok Rujukan Masyarakat terkait persiapan penyebaran Nyamuk Berwolbachia Kabupaten Buleleng “Bali Bebas Demam Berdarah”. Rapat dihadiri oleh perwakilan WMP Bali, Sekdis Kesehatan Kabupaten Buleleng, perwakilan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Camat/yang mewakili Camat Se-Kabupaten Buleleng, Perwakilan PKK Kecamatan Se- Kabupaten Buleleng, perwakilan Yayasan PiKAT (Yayasan Survey Independent), Pemegang Program DBD Puskesmas yang mewilayahi 55 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Buleleng, dan Komunitas PPDI.

Acara diawali dengan sambutan dari Dinkes Kabupaten Buleleng, yang diwakili oleh Sekdis Kesehatan Kabupaten Buleleng sekaligus membuka acara Rapat Koordinasi, dengan arahan yakni tujuan Program Wolbachia dari WMP adalah sebagai upaya penurunan kasus DBD di Kabupaten Buleleng.

Selanjutnya pemaparan dari perwakilan WMP provinsi Bali terkait rencana tindak lanjut program Wolbachia di 55 desa/kelurahan di Kabupaten Buleleng, dimana untuk Kecamatan Banjar terdapat 5 desa sampel yang di jadikan lokus wolbachia yaitu Desa Kaliasem, Desa Dencarik, Desa Banjar, Desa Banjar Tegeha dan Desa Tampekan.

Adapun rencana penyebaran wadah telur Nyamuk ber-Wolbachia di 5 (lima) Desa di wilayah Kecamatan Banjar dilaksanakan pada tanggal 12 Desember 2023, dengan didampingi oleh Kader yang telah dilatih dan pemegang program DBD Puskesmas Banjar I. Penyebaran akan dilaksanakan di rumah masyarakat yang bersedia menjadi  orang asuh telur Nyamuk ber-Wolbachia.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan kesimpulan, bahwa program Wolbachia adalah salah satu cara dalam penanggulangan kasus DBD di Kabupaten Buleleng, dan program Wolbachia dari WMP ini dapat berjalan dengan baik ketika ada dukungan dari berbagai pihak. Rapat diakhiri dengan penanda tanganan dokumen dari perwakilan peserta rapat, sebagai bentuk dukungan dari program Wolbachia. Rapat Koordinasi ini dilaksanakan di  Banyualit Spa and Resort Desa Kalibubuk, Rabu, (8/11/2023).

 

#KCBPastiBisa

#banggamelayanibangga

#penangananDBD

#nyamukberwolbachia