(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pelatihan Pertanian Camat Se - indonesia

Admin banjar | 29 Oktober 2021 | 19 kali

Pelatihan bagi Camat seluruh Indonesia yang diselenggarakan kamis,28 oktober 2021, Camat Banjar yang diwakili Ni Luh Srinadi Ajeng Kartini, SH,M.Pd Kasi Pembangunan, pelatihan melalui online yang dilaksanakan oleh badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSMDP) melalui pusat pelatihan pertanian diunit pelaksana teknis lingkup BPPSDMDP yang bertempat dipusat pelatihan manajemen dan kepemimpinan pertanian (PPMKP) Ciawi,Bogor.

Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas serta peran camat sehingga memiliki peran dan tanggungjawab dalam mensukseskan program program pembangunan pertanian dikecamatan secara masif. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan berbagai terobosan dan inovasi dalam pelaksanaa program pembangunan pertanian guna mewujudkan SDM unggul harus terus didorong guna peningkatan produktifitas,kualitas dan kontinuitas produksi pertanian secara nasional.

Camat memiliki peran penting dalam dalam mensinergikan didesa untuk terbangunnya lumbung pangan masyarakat baik untuk memperkuat ketersediaan pangan dalam negeri,terlebih menghasilkan komoditas pangan untuk ekspor karena itu melalui pelatihan ini para camat diarahkan untuk harus memiliki mindset dan agenda pertanian sehingga pertumbuhan ekonomi kedepan melalui sektor pertanian dapat diwujudkan berangkat dari pedesaan. Berdasarkan data BPS, selama th 2020 yakni pada Triwulan II 2020 PBD sektor pertanian tumbuh 15.24%. Ekspor pertanian juga menunjukkan kinerja yang menggembirakan yakni terjadi peningkatan ekspor priode januari-september 2021 mencapai Rp.450 triliun dan tumbuh 45.36% dibandingkan priode yang sama th 2020 yang nilai ekspornya hanya mencapai Rp. 309,58 triliun.(pas)