(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Rapat Persiapan Bulan Bahasa Bali Tahun 2024

Admin banjar | 23 Januari 2024 | 645 kali

Selasa, 24 Januari 2024

 

Rapat persiapan pelaksanaan Bulan Bahasa Bali tahun 2024 yang dirangkaikan dengan persiapan pelaksanaan Hari Raya Nyepi tahun 2024 yang akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 nanti. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Banjar, I Made Mardika, SE., Perbekel Se-Kecamatan Banjar, Desa Adat  Se-Kecamatan Banjar, Korwil Disdikpora Kecamatan Banjar dan Ketua PHDI  Kecamatan Banjar.

 

Acara dipandu oleh Kasi Sosial Budaya, Ni Luh Sucitastrining, S.Sos lanjut dibuka dan diberikan arahan oleh Bapak Camat Banjar yakni penyampaian tujuan dilaksanakan rapat persiapan hari ini adalah untuk menerima masukan dari peserta demi kesamaan persepsi dalam pelaksanaan baik di Desa Adat dan Dinas, Kabupaten  maupun Provinsi.

 

Adapun beberapa saran dan masukan rapat pada hari ini lebih banyak terfokus pada masalah dana untuk penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali. Seperti yang kita ketahui, pada bulan Pebruari 2024 akan dilaksanakan Pemilu sehingga Ketua Forkom Perbekel Kecamatan Banjar berharap untuk tidak menjadikan momen tersebut sebagai ajang untuk mencari donatur dari Parpol manapun untuk menambah anggaran giat Bulan Bahasa Bali yang akan dilaksanakan serta pelaksanaannya benar-benar direncanakan secara matang mengingat Pemilu 2024, Hari Raya Galungan, Kuningan dan Nyepi yang berdekatan. Beliau juga berharap agar pelaksanaan Bulan Bahasa Bali bersinergi antara Desa Adat dan Desa Dinas.

 

Hal serupa juga disampaikan oleh perwakilan dari Majelis Alitan Desa Adat Banjar, dengan menambahkan bahwa Bulan Bahasa Bali wajib dilaksanakan di Desa termasuk lembaga-lembaga pendidikan dan lembaga-lembaga terkait lainnya. Terkait anggaran, dana hibah tahap pertama sudah bisa digunakan dan karena Bulan Bahasa Bali ini wajib dilaksanakan, maka Desa Adat dan Desa Dinas diharapkan cepat melaksanakan giat tersebut.

 

Seperti yang kita ketahui, Bulan Bahasa Bali telah rutin dilaksanakan setiap tahunnya dengan tujuan kegiatan yakni untuk melestarikan adat dan budaya khususnya Bahasa Bali, aksara Bali dan sastra Bali termasuk berpakaian adat Bali. Tema Bulan Bahasa Bali pada tahun ini adalah “Jana Kerthi”. Beberapa usulan juga disampaikan pada hari ini seperti pembagian pelaksanakan Bulan Bahasa Bali dan Bulan Bung Karno antara Desa Dinas dan Desa Adat serta peserta yang harus disiapkan untuk mewakili dalam lomba nanti. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Camat Banjar.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#bulanbahasabali2024