(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pembinaan Bagi Karang Taruna, Pemuda Olah Raga dan Pariwisata di Desa Cempaga

Admin banjar | 25 Oktober 2023 | 245 kali

Bertempat di Desa Cempaga, dilaksanakan Pembinaan Bagi Karang Taruna, Pemuda Olah Raga dan Pariwisata yang dihadiri Tim Pembina dari Bagian Kesra Kabupaten Buleleng, Staf Seksi Sosbud Kecamatan Banjar, I Made Widiana , Perbekel Cempaga bersama Staf, Ketua BUMDes Cempaga, Ketua Karang Taruna serta para pelaku UMKM Desa Cempaga, Rabu (25/10/2023).

Acara dibuka oleh pembawa acara yang dilanjutkan dengan sambutan dari  Perbekel Cempaga yang menjelaskan tentang keberadaan Karang Taruna di Desa Cempaga yang mana saat ini sulit untuk menggerakan Karang Taruna karena banyak masyarakat khususnya pemuda/pemudi Desa Cempaga yang merantau ke luar daerah. Terkait dengan dunia Pariwisata di wilayah Desa Cempaga sudah terdapat home stay, panorama alam dan adat istiadat setempat namun yang menjadi kendala adalah jalan trasportasi masih sempit sehingga kunjungan wisata agak tersendat.

Adapun terkait pengembangan UMKM pada Desa Cempaga, terdapat pembuatan gula aren, pengerajin bambu dan kerajinan lainnya. Diharapkan kepada pemerintah setempat agar membantu pada sisi permodalan dan diadakan berbagai pelatihan dibidang usaha kerajinan bambu.

Dari Ketua Tim Pembina Kabupaten Buleleng menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindaklanjut pembinaan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu sehingga pada saat ini tim hanya melihat secara langsung produk hasil UMKM di Desa Cempaga dan setelah disampaikan beberapa penjelasan tentang topik pembinaan, acar dilanjutkan dengan kunjungan lapangan dengan meninjau pembuatan gula aren, rumah adat dan pengerajin perak yang ada di Desa Cempaga.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#PembinaanKarangTarunadanPariwisata