(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu Badan Permusyawaratan Desa, Desa Sidetapa dan Desa Temukus Masa Bhakti 2019-2025

Admin banjar | 07 Oktober 2023 | 200 kali

Mewakili Pj. Bupati Buleleng, Camat Banjar, I Made Mardika, SE., melaksanakan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji Pengganti Antar Waktu Badan Permusyawaratan Desa, Desa Sidetapa dan Desa Temukus Masa Bhakti 2019-2025, yang dilaksanakan di Desa Sidetapa, Sabtu (7/10/2023).

Acara dihadiri Perbekel Desa Sidetapa dan Desa Temukus, Staf Seksi Pemerintahan, Ketua BPD dan anggota masing-masing desa serta Ketua Forkom BPD Kecamatan Banjar. Dalam sambutannya, Camat Banjar yang mewakili Pj. Bupati Buleleng menyampaikan Anggota BPD yang dilantik pada hari ini merupakan wakil masyarakat desa yang dipilih untuk duduk dalam BPD berdasakan keterwakilan wilayah dan ditetapkan secara demokratis. Sesuai Undang-Undang Desa, BPD mempunyai 3 fungsi yaitu bersama dengan Perbekel membahas dan menyepakati rancangan Perdes, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta melakukan pengawasan kinerja Perbekel.

Dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa, BPD mempunyai tugas dan fungsi yang sangat berat, oleh karena itu anggota BPD dituntut memiliki bekal pengetahuan, pemahan dan ketrampilan yang memadai sehingga BPD dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Lebih lanjut, Pj. Bupati Buleleng berpesan kepada Pemerintahan Desa dan seluruh stakeholder masyarakat desa, utamanya yang menyangkut pengelolaan keuangan desa agar senantiasa dilaksanakan dengan penuh kehati-hatian. Jangan sampai berkah Undang-Undang Desa ini dikemudian hari menjadi petaka bagi Pemerintahan Desa dan masyarakat desa.

BPD juga harus mengikuti isu-isu perkembangan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa untuk dapat ditangkap dan dikembangkan menjadi program kegiatan di masing-masing desa. Pada akhir sambutannya, Pj. Bupati Buleleng menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya giat hari ini dan mengucapkan selamat bekerja kepada Anggota BPD Masa Bhakti 2019-2025 yang dilantik hari ini.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#PelantikanPAWBPD