(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Mini Lokakarya Stunting Kecamatan Banjar

Admin banjar | 22 November 2023 | 105 kali

Pelaksanaan Mini Lokakarya Kecamatan Banjar yang bertempat di Ruang Rapat Korwil Disdikpora Kecamatan Banjar. Acara dihadiri oleh Perwakilan Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng (Pengampu Kecamatan Banjar), Kasi Pembangunan Kecamatan Banjar, Koordinator PLKB Kecamatan Banjar, Kepala Puskesmas Banjar 1, Perwakilan Puskesmas Banjar 2, Perbekel Tampekan, Perbekel Banjar, Perbekel Banjar Tegeha, Perbekel Tigawasa, Perbekel Gesing, Ketua TPPS Desa Se-Kec Banjar dan undangan lainnya, Rabu (22/11/2023).

Rapat dibuka oleh Kasi Pembangunan, Komang Sarinadi, SE., sekaligus memaparkan data stunting di Kecamatan Banjar pada bulan November dan rekap alokasi penganggaran stunting di RKP Tahun 2023, kemudian dilanjutkan dengan sambutan Perwakilan Dinas P2KBP3A Kabupaten Buleleng dan pemaparan materi oleh Koordinator PLKB Kecamatan Banjar.

Kegiatan hari ini bertumpu pada penegasan kembali terkait pendampingan TPK Desa agar fokus menyasar Catin (Calon Pengantin), ibu hamil, pasca melahirkan dan balita. Selanjutnya adalah laporan desa yang mengalami peningkatan jumlah kasus stunting dari bulan September ke Oktober yaitu Desa Pedawa, Desa Cempaga, Desa Kaliasem, Desa Tirtasari dan Desa Banyuatis

Laporan dari Puskesmas Banjar 1, desa yang memiliki kasus stunting di wilayah kerja Puskesmas Banjar 1 sudah sering berkoordinasi dengan pihak Puskesmas terkait pemberian PMT Pemulihan yang tepat, Ahli Gizi Puskesmas Banjar 1 sudah melakukan pendampingan ke rumah-rumah balita lokus stunting. Dari hasil pendampingan tersebut didapatkan salah satu penyebab meningkatnya angka stunting di desa yaitu karena pola asuh yang salah. Idealnya bayi/balita diberikan ASI dari umur 0-6 bulan (ASI Ekslusif) dan maksimal diberikan sampai umur 2 tahun, namun dalam kasus kali ini balita masih diberikan ASI hingga berumur lebih dari 2 tahun sehingga balita tidak mau menerima makanan pendamping maupun makanan tambahan selain ASI sehingga menyebabkan berat badan dari balita turun drastis.

Untuk itu, sebagai tindaklanjut dari kegiatan Mini Lokakarya akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai tugas dan fungsi TPPS desa agar TPPS desa dapat bekerja dengan maksimal dalam mengurangi kasus stunting di Kecamatan Banjar.

 

#KCBPastiBisa

#banggamelayanibangga

#MiniLokakarya

#Stunting