(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pendampingan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Admin banjar | 24 Oktober 2023 | 314 kali

Selasa, 24 Oktober 2023,

Pendampingan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, dengan Implementasi Pelatihan Pengolahan Daun Kelor Menjadi Kuliner Jajanan Laklak Kelor oleh Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng di Desa Tampekan. Acara dihadiri Sekretaris dan Kabid Pengembangan beserta staf Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng, Camat Banjar yang diwakili oleh Kasi Sosbud, Ni Luh Sucitastrining, S.Sos., Tim Narasumber, Perbekel Tampekan beserta staf, dan peserta pelatihan sebanyak 20 (dua puluh) orang.

Acara diawali dengan sambutan Perbekel Tampekan yang menyampaikan ucapan terima kasih atas  pelatihan pengolahan daun kelor untuk dijadikan kuliner jajanan laklak kelor di Desa Tampekan yang dilaksanakan pada hari ini. Besar harapannya melalui pelatihan ini akan dapat menambah keterampilan warga Desa Tampekan untuk selanjutnya dapat dijadikan usaha untuk menambah pendapatan keluarga.

Mewakili Kadis Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Sekdis, Dr. Putu Dewi Puspitawati, SH, MM., memberi arahan dengan membacakan sambutan Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Buleleng terkait transformasi perpustakaan yang berbasis inklusi sosial, dimana perpustakaan merupakan salah satu sumber ilmu dan informasi yang salah satu dari informasi tersebut diimplementasikan dengan praktik pengolahan daun kelor sebagai bahan kuliner jajanan laklak dan sekaligus membuka kegiatan pelatihan membuat laklak Kelor.

Adapun pemaparan dari narasumber/pelatih pengolahan daun kelor (moringa) menyampaikan tentang manfaat daun kelor bagi kesehatan oleh I Made Padma, S.Pd., dari Ketua Kelompok Pemerhati Kelor Desa Dencarik. Giat dilanjutkan dengan praktik langsung pembuatan laklak kelor.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#TransformasiPerpustakaan