(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pembinaan Subak Abian Gunung Merta Sari Desa Tigawasa olehTim Pembina Subak Kecamatan Banjar

Admin banjar | 29 Agustus 2023 | 34 kali

Selasa, 29 Agustus 2023

Bertempat di Balai Subak Gunung Merta Sari Banjar Dinas Congkang, Desa Tigawasa, dilaksanakan Pembinaan Subak Abian Gunung Merta Sari Desa Tigawasa yang dihadiri Tim  Pembina Subak Kecamatan Banjar, Kasi Pemerintahan Desa Tigawasa, Pengurus Subak Abian Gunung Merta Sari dan anggota .

Acara dibuka oleh Kelian Subak dengan penyampaian kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan pada Baga Parahyangan, Pawongan dan Palemahan. Selanjutnya acara pembinaan diserahkan kepada Tim Kecamatan untuk pembinaan. Mewakili  Camat Banjar, Kasi Sosbud, Ni Luh Sucitastrining, S.Sos., memberi arahan bahwa pelaksanaan pembinaan pada hari ini sebagai evaluasi pelaksanaan kegiatan subak yang telah dilaksanakan khususnya pada administrasi subak. Pembinaan semacam ini penting dilaksanakan dan diperlukan administrasi yang lengkap sebagai bukti warisan adat dan budaya yg dapat diwariskan/ dipertanggung jawabkan kepada generasi mendatang .

Adapun pembinaan yang dilaksanakan meliputi 3 (tiga) Baga yaitu Baga Parahyangan, Baga Palemahan dan Baga Pawongan dengan hasil pembinaan adalah sebagai berikut :

A. Dari ketiga baga yang diteliti melalui indikator evaluasi, bahwa baru 30 % terpenuhi yang artinya subak abian Gunung Merta Sari  Desa Tigawasa belum  berjalan dengan baik;

B. Khusus untuk adminstrasi subak, dari 13 buku wajib belum semuanya dibuat, hanya terdapat buku tamu dan buku kas, namun masih perlu disempurakan khususnya format kolom belum sesuai dengan petunjuk, sehingga diarahkan untuk diperbaiki dan disempurnakan sesuai format;

C. Untuk penyempurnaan  administrsi,  pengurus subak siap memperbaiki, dan siap  di evaluasi kembali pada  pembinaan  selanjutnya.

 

#KCBPastiBisa

#banggamelayanibangsa

#PembinaanSubak