(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Bimtek KPM

Admin banjar | 04 April 2024 | 23 kali

Kasi Pembangunan, Komang Sarinadi, SE., menghadiri Bimtek KPM bertempat di Ruang Rapat Disdikpora Kecamatan Banjar, Kamis, (4/4/2024). Acara dihadiri oleh Dinas PMD Kabupeten Buleleng, Operator/admin Desa, KPM Desa se-Kecamatan Banjar, PD dan PLD.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Camat Banjar yang diwakili oleh Kasi Pembangunan Kecamatan Banjar yang selanjutnya arahan dai Dinas PMD Kabupaten Buleleng terkait pelaksanaan bimtek aplikasi e-HDW da pengisian kuisioner oleh KPM Desanya.

Pada pemaparan materi yang oleh Dinas PMD Kabupaten Buleleng dengan tema “Peran Tenaga Pendamping Profesional dalam Percepatan Penurunan Stunting di Desa” ini disampaikan beberapa pokok pembahasan diantaranya terkait pembangunan Desa SDGs yang bertujuan untuk melokalkan tujuan global SDGs ke dalam tujuan pembangunan desa.

Selain itu dibahas pula faktor penyebab stunting. Dalam PP Nomor 72 Tahun 2021 stunting adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat gizi kronis.  Terdapat 5 pilar utama dalam penanganan stunting, yaitu :

1. Komitmen dan Visi kepemimpinan

2. Kampanya Nasional dan perubahan perilaku

3. Konvergensi program pusat, daerah dan desa

4. Ketahanan pangan dan Gizi, serta

5. Pemantauan dan Evaluasi

Adapun pada proses penginputan data pada aplikasi akan difasilitasi oleh tenaga pendamping profesional (TPP) atau PD dan PLD dalam fasilitasi penurunan stunting. Diketahui, kendala KPM dalam pengumpulan dan penginputan data terdapat banyak kendala salah satunya adalah terkendala dalam pengumpulan data remaja putri dikarenakan tidak adanya posyandu untuk remaja.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#ASNBERAKHLAK

#penurunan stunting