(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Jambore Nusantara III, Konferesi Pemuda Asia Tenggara II Tahun 2023

Admin banjar | 21 Agustus 2023 | 245 kali

Camat Banjar, I Made Mardika, SE., menghadiri acara kegiatan Jambore Nusantara III, Konferesi Pemuda Asia Tenggara II Tahun 2023. Acara dibuka langsung dan diresmikan oleh Pj. Bupati yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Buleleng, Gede Melandrat, SP., dan dihadiri Ketua DPRD Kabupaten Buleleng, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Camat Busungbiu, Direktur For Indonesia Operation Samdhana Institute, Perbekel Gobleg, masyarakat Adat Dalem Tamblingan serta Peserta Jambore Nusantara III Asia Tenggara dari beberapa daerah yakni, Maluku, Sulawesi, Papua,  Kalimantan dan Bali serta dari beberapa dari negara tetangga, Myanmar, Thailand, Laos, dan Vietnam, Kegiatan dilaksanakan di Adat Dalem Tamblingan, Desa Gobleg, Senin (21/8/2023).

Melalui Jambore Nasional III hari ini, diharapkan agar dapat menyediakan ruang berbagi antar generasi, saling bertukar pikiran, pengalaman/informasi, serta saling mengenalkan budaya masing-masing untuk dapat memperkuat dan menumbuhkan solidaritas agar mampu menghadapi perubahan iklim dan kehidupan di masa depan. Tidak lupa kegiatan ini juga bertujuan untuk memperluas jejaring pemuda Asia Tenggara dari masyarakat adat dan aktivis muda lokal untuk dapat meningkatkan pengetahuan terkait upaya konservasi dan restorasi lingkungan hidup.

Pada Jambore ini juga sekaligus dilaksanakan promosi kebudayaan masing-masing antara lain : Thailand, Laos, Myanmar, Kamboja, Vietnam (Mekong Countries) yang mengenalkan pernak pernik berbahan bambu, Teemoolay Coffee dan selendang tenun, dari Indonesia yakni Papua yang mengenalkan pakaian khasnya dan obat-obatan tradisional, Bali yang mengenalkan kopi produksi Desa Gobleg, Gula Pedawa, Arak Bali dan Madu Trikona.

 

#KCBPastiBisa

#banggamelayanibangsa

#JamboreNausantaraIII

#KonferensiPemudaAsiaTenggaraII