(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Diskusi terkait Pengembangan Sektor Unggulan untuk Komoditas Kopi Arabika dan Kopi Robusta di Kabupaten Buleleng

Admin banjar | 31 Oktober 2023 | 252 kali

Selasa, 31 Oktober 2023

Mewakili Camat Banjar, Kasi Pembangunan, Komang Sarinadi, SE., menghadiri "Diskusi terkait Pengembangan Sektor Unggulan untuk Komoditas Kopi Arabika dan Kopi Robusta di Kabupaten Buleleng" bertempat di Wantilan Banjar Tengah Desa Gobleg. Hadir pada acara Plt. Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Buleleng, Inspektorat Kabupaten Buleleng, Camat Busungbiu yangg diwakili Sekcam Busungbiu, Sekdes Gobleg beserta Perangkat Desa, Sekdes Umejero, Sekdes Munduk, Kasi Pelayanan Kayuputih, Sekdes Gesing, Sekdes Tinggarsari, Sekdes Kekeran bersama Ketua BUMDesa dimasing - masing desa.

Acara dibuka oleh Bapak Plt. Kabid Pemdes Dinas PMD Kabupaten Buleleng sekaligus memberikan arahan terkait usaha UMKM olahan kopi. Selanjutnya arahan dari BPK perwakilan Provinsi Bali terkait pengembangan produk unggulan di desa contonhnya kopi. Mengapa kopi? Karena kopi merupakan minuman yang banyak diminati dikalangan masyarakat baik tua maupun muda dari berbagai segi umur juga terkait sistem penjualan dari kopi apakah sudah ada kerjasama desa dengan BUMDesa atau belum.

Khusus untuk desa di Kecamatan Banjar terdapat 9 desa dengan potensi penghasil kopi yaitu Desa Munduk, Desa Gobleg, Desa Gesing, Desa Banyuatis, Desa Kayuputih, Desa Pedawa, Desa Tigawasa, Desa Sidetapa dan Desa Cempaga. Dari ke 9 desa tersebut, pengusaha kopi belum ada yang bekerjasama dengan BUMDesa setempat terkait pendistribuan ataupun pemasarannya. Diharapkan kedepannya agar desa bisa bekerjasama dengan bumdesa untuk pengembangan unit usaha bumdesa terutama dibidang pertanian kopi

Acara diakhiri dengan diskusi internal antara BPK, DPMD dan perwakilan Kecamatan Banjar dan Busungbiu terkait pendataan produk unggulan desa (khusus kopi) agar dibantu untuk mendata kembali siapa saja pengusaha baik individu maupun kelompok usaha yang memproduksi kopi baik itu kopi bubuk, kopi robusta, arabika, kopi beras serta mendata petani kopi yang langsung mengolah biji kopi menjadi kopi bubuk.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#PengembanganKomoditasKopi