(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Penyampaian Laporan Pertanggung jawaban Bumdesa Bayu Kuwera Desa Pedawa

Admin banjar | 01 April 2024 | 306 kali

Senin, 1 April 2024

Penyampaian Laporan Pertanggung jawaban Bumdesa Bayu Kuwera Desa Pedawa Januari s/d Desember 2023, yang dilaksanakan di Kantor Desa Pedawa, dihadiri, Camat Banjar, I Made Mardika, SE., Perbekel, BPD, Babin, Babinkamtibmas, pengurus Bumdesa, pengurus Gapoktan, pengurus pengelola air, dan tokoh masyarakat Desa Pedawa. BPD, menyampaikan lembaga sebagai fungsi pemerintahan Desa mewakili masyarakat dengan tugas mengawasi jalannya pemerintahan Desa. Sebelum dilaksanakan Musdes, ada tahapan yang didahului, yaitu adanya rapat pra Musdes.

Usaha yang dilaksanakan dalam Bumdes Bayu Kuwera Desa Pedawa ini antara lain pembayaran air, listrik, alat tulis kantor, palen-palen/sembako.

Perbekel sebagai penasehat sangat mengapresiasi Bumdes yang ada di Desa Pedawa ini, karena sudah mencapai laba dan mengontribusi desa, dengan laba sebesar Rp. 24.949.714,- walaupun jumlah laba bisa dikatakan sedikit namun sudah mampu untuk berkembang dan berinovasi.

Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Camat Banjar, yang mengapresiasi kinerja pengurus Bumdesa Bayu Kuwera yang sudah mampu melaksanakan kewajiban, yaitu penyelengaraan pertanggung jawaban setelah tutup anggaran, sudah bekerja maksimal dan berkomitmen untuk memajukan Bumdes. Beliau berharap kedepannya agar Bumdes yang ada terus berinovasi mengembangkan usaha yang ada sebelumnya. Disamping memajukan Bumdes juga melaksanakan kewajiban sebagai masyarakat untuk memajukan desa “Harus memiliki prinsip manajemen, yaitu SDM, permodalan, menghasilkan uang untuk pengembangan Bumdesa, metode atau aturan/regulasi, harus mengembangkan teknologi, market atau pasar, pelayanan yang harus dikembangkan untuk mencari laba untuk pengembangan Bumdesa” imbuhnya.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#ASNBERAKHLAK

#BumDesa