(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pembinaan UKS Tingkat Kabupaten Buleleng

Admin banjar | 11 Oktober 2021 | 168 kali

Pengertian Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) adalah upaya membina dan mengembangkan kebiasaan hidup sehat yang dilakukan secara terpadu melalui program pendidikan dan pelayanan kesehatan di sekolah, perguruan agama serta usaha-usaha yang dilakukan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan kesehatan di lingkungan sekolah.

Sedangkan menurut Departemen Kesehatan Usaha Kesehatan Sekolah adalah usaha kesehatan masyarakat yang dijalankan di sekolah-sekolah dengan anak didik beserta lingkungan hidupnya sebagai sasaran utama. UKS merupakan wahana untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat dan selanjutnya membentuk perilaku hidup sehat, yang pada gilirannya menghasilkan derajat kesehatan yang optimal.

Usaha Kesehatan Sekolah merupakan bagian dari usaha kesehatan pokok yang menjadi beban tugas puskesmas yang ditujukan kepada sekolah-sekolah dengan anak beserta lingkungan hidupnya, dalam rangka mencapai keadaan kesehatan anak sebaik-baiknya dan sekaligus meningkatkan prestasi belajar anak sekolah setinggi-tingginya.

Pembinaan UKS dilaksanakan di Ruang rapat kantor Camat Banjar(11/10/21), Camat Banjar yg diwakili oleh Kasi Sosbud Komang  Sarinadi, SE membuka kegiatan pembinaan UKS Tingkat  Kabupaten,Buleleng , Kasubag, kesejahtraan sosial Nyoman Neli, mewakili Kabag Kesra kab. Buleleng mengajak Tim Pembina Kabupaten dengan melihat langsung Ruang Sekreteriatan UKS Kecamatan Bnajar.

Kegiatan pembinaan dilaksanakan terkait dengan Stukturan yang baru di UKS dan selama 2 Tahun Vakum terkait Covid19, dalam pembinaan yang dilihat buku administrasi, data-data pelaksanaan UKS, Stuktur Organisasi, Struktur Tim Pembina UKS, dan Program Kerja UKS Kecamatan Banjar.

di komfirmasi di sela lain Camat Banjar I Gede Arya Suardana,AP.MM