(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pendampingan Pengumpulan Data Permohonan dan Penetapan Daya Tarik Wisata (DTW) Kecamatan Banjar

Admin banjar | 07 September 2023 | 193 kali

Serangkaian pengumpulan data permohonan dan penetapan Daya Tarik Wisata (DTW), Kasi Sosbud, Ni Luh Sucitastrining, S.Sos., beserta staf melaksanakan pendampingan di 2 tempat, diawali di Kantor Perbekel Desa Temukus yang diikuti Perbekel beserta Perangkat Desa. Acara diawali pemaparan Perbekel Temukus tentang keberadaan DTW yang ada di Desa Temukus dan dilanjutkan penyampaian oleh Kasi Sosbud Kecamatan Banjar tentang maksud dan tujuan pendampingan yang dilaksanakan. Pendampingan hari ini merupakan kelanjutan dari hasil zoom meeting tentang proses  permohonan dan penetapan DTW sesuai SK Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng Nomor : 500.13/24/VIII/2023, tanggal 23 Agustus 2023 di wilayah Kecamatan Banjar khususnya di Desa Temukus.

Pada pendampingan hari ini terdapat beberapa poin yang disampaikan oleh Perbekel Temukus antara lain terkait DTW yang akan dimohon dan ditetapkan belum ada, karena DTW yang sudah ada keberadaannya  saat ini seperti Air Terjun Sing-Sing tidak ada air dan kondisinya sudah dangkal. Lebih lanjut, Perbekel mempunyai rencana akan pengadaan DTW Bahari yakni pengadaan rumpon dan wisata ikan hias dan terumbu karang yang sudah dimasukkan kedalam program kerja tahun 2023 dan akan direalisasikan ditriwulan 4 tahun ini .

Hasil pendampingan pada tahun ini belum bisa didaftarkan tentang keberadaan DTW di Desa Temukus, untuk selanjutnya Perbekel Temukus menyambut baik tentang perhatian pemerintah dalam pengembangan pariwisata, dan siap mempedomani petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang ada.

            Giat pendampingan dilanjutkan di Kantor Desa Dencarik yang diterima oleh kelian Banjar Dinas Corot dan  Perangkat Desa Dencarik lainnya mewakili PLH Perbekel Dencarik ( sekdes Dencarik ). Sesuai dengan pemaparan Kelian Banjar Dinas Corot bahwa di Desa Dencarik belum ada DTW yang harus didaftarkan. Menurut beliau, rencananya akan dibuat Destinasi Wisata  petik anggur merah/agro wisata petik buah, Kamis (7/9/2023), (dytri).

 

#KCBPastiBisa

#banggamelayanibangsa

#DaerahTujuanWisata