(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Rapat Persiapan Jelang Lomba Bulan Bahasa VI Tahun 2024

Admin banjar | 15 Januari 2024 | 616 kali

Senin, 15 Januari 2024

 

Bertempat di Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, dilaksanakan rapat persiapan Lomba Bulan Bahasa Bali VI Tahun 2024 dengan mengundang Camat Se-Kabupaten Buleleng/ yang mewakili yang pada hari ini Camat Banjar diwakili oleh Staf Seksi Sosbud, I Made Widiana, serta turut hadir Tim juri Lomba Bulan Bahasa Bali serta perwakilan Penyuluh Bahasa Bali Se-Kabupaten Buleleng.

 

Mengawali acara, rapat dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Buleleng, Bapak Drs. I Nyoman Wisandika, yang menyampaikan salam pembuka dan memaparkan secara singkat mengenai tujuan rapat hari ini yakni koordinasi terkait persiapan lomba yang melibatkan perwakilan Kecamatan dan dewan juri. Beliau juga menyampaikan bahwasannya lomba yang akan dilaksanakan nanti sudah sangat mendekati tanggal pelaksanaan yaitu tanggal 12 Pebruari 2024 sehingga technical meeting selanjutnya akan dilaksanakan tanggal 5 Pebruari 2024.

 

Adapun kriteria lomba tidak banyak terdapat perubahan dan masih sama seperti dengan tahun lalu. Selain itu Kadis Kebudayaan Kabupaten Buleleng berharap agar lomba tahun ini lebih ditingkatkan baik dari segi kualitas dan kuantitasnya karena pemenang lomba secara otomatis akan mewakili Kabupaten ke Tingkat Provinsi yang dilaksanakan tanggal 19 -20 Pebruari 2024. Diakhir sambutannya, beliau berharap koordinasi ini agar dipakai pedoman dan pijakan dalam pelaksanaan lomba. Acara dilanjutkan penyampaian materi rapat yang dipimpin oleh  Kepala UPP Gedung Kertya, Ibu Dewa Susilawati yang menyampaikan tema lomba yaitu "Jana Kerti : Dharma Sadhu Nugraha" dan  menyampaikan tentang jenis lomba yang akan dilaksanakan. Terdapat 7 jenis lomba yang dilaksanakan yaitu :

 

Lomba nyurat aksara Bali peserta SD;

Lomba nyurat lontar peserta SMP;

Lomba debat mabasa Bali peserta SMK/SMA;

Lomba ngwacen lontar peserta usia 19-23 tahun;

Lomba mesatua kerana istri peserta Pakis Bali;

Lomba pidarta peserta Prajuru Adat;

Lomba mengetik dengan keybord aksara Bali TK. SMA/SMK.

 

Lebih lanjut dijelaskan juga secara rinci mengenai kriteria lomba antara lain persyaratan peserta, materi dan ketentuan lomba, kriteria penilaian, serta kejuaraan dan hadiah. Acara ditutup dengan diskusi dan tanya jawab.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#LombaBulanBahasa