(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

MANFAAT BUAH STROBERI

Admin banjar | 15 Mei 2016 | 1515 kali

Rasanya memang asam, tapi siapa sih yang tak suka dengan buah berwarna merah ini? Roti, permen, susu, hiasan kue, selai, hampir semuanya memakai olahan stroberi. Tentu bukan tanpa alasan stroberi banyak dipakai dan dikonsumsi. Manfaat buah stroberi merupakan salah satu alasan mengapa buah ini banyak digunakan dan dikonsumsi masyarakat.

Stroberi diketahui dapat membantu proses pemutihan gigi atau penyembuhan jerawat. Namun, manfaat buah stroberi bukan hanya itu. Berikut ini kandungan buah stroberi beserta manfaatnya.

1. Vitamin

Buah stroberi kaya akan vitamin yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Vitamin C yang dikandung stroberi merupakan antioksidan alami yang dapat melawan penyebab infeksi dan radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan tekanan darah. Kombinasi vitamin C dengan asam folat dan flavanoid dapat memberi perlindungan pada tubuh terhadap berbagai macam kanker. Selain itu, vitamin B kompleks pada stroberi membantu tubuh mencerna dan mengolah berbagai nutrisi seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Buah stroberi juga mengandung vitamin A dan E. Kombinasi vitamin A dan E dengan flavanoid dapat melawan radikal bebas yang dapat memicu berbagai macam penyakit dan penuaan dini. Vitamin K  yang ada dalam stroberi juga berperan dalam proses penguatan tulang.

2. Antioksidan

Sama seperti buah lain, stroberi juga mengandung antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Phenols yang dikandung stroberi dapat melawan berbagai peradangan dalam tubuh, seperti osteoarthritis dan asma. Antosianin juga dapat melawan kanker, peradangan, dan sakit saraf.

3. Serat

Buah stroberi mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, namun ia memiliki serat yang mudah diserap. Serat ini dapat memperlancar sistem pencernaan, menurunkan tekanan darah, serta mengekang nafsu makan. Dengan kata lain, stroberi bagus dimasukkan dalam menu diet.

4. Mineral

Manfaat buah stroberi juga diperoleh dari mineral yang dikandungnya. Mangan dalam mineral dapat mengontrol tekanan darah dan kerja jantung. Mangan juga berfungsi dalam proses pembentukan tulang dan mempertahankan struktur tulang yang benar.

Download disini