(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

MAMFAAT SAYUR SELEDRI

Admin banjar | 19 April 2019 | 2051 kali

Seledri adalah tanaman yang bisa dikonsumsi saat mentah atau dimasak. Seledri umumnya digunakan sebagai hiasan pada makanan. Namun, setelah diketahui banyak manfaat dari seledri maka mulailah seledri dikonsumsi dengan cara di jus terlebih dahulu. Konsumsi jus seledri secara rutin merupakan langkah bagus untuk menambahkan asupan nutrisi ke dalam tubuh. Jus seledri memiliki kandungan rendah kalori.

Kandungan Nutrisi Seledri
Jus seledri memiliki kandungan 40 kalori dan beberapa nutrisi lain seperti:

  • Air
  • Vitamin A, K, dan C
  • Betakaroten
  • Flavonoid
  • Fitonutrein
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Magnesium
  • Fosfor
  • Kalium

Manfaat Jus Seledri
Seledri mengandung banyak air sehingga bagus untuk menghidrasi tubuh. Berikut beberapa manfaat lain dari jus seledri.

Menurunkan Tekanan Darah
Menurut penelitian menunjukkan bahwa ekstrak seledri memiliki manfaat antihipertensi. Seledri memiliki kandungan phthalides yang merupakan senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormone stress dalam darah. Kandungan kalium pada seledri memiliki peran untuk merilekskan jaringan dinding pembuluh darah arteri. Kondisi ini dapat meningkatkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya masalah pada sistem kardiovaskular.

Menurunkan Kadar Kolesterol
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi seledri setiap hari dapat menurunkan kadar kolesterol. Senyawa organic phthalides merangsang kerja empedu yang berfungsi menurunkan kadar kolesterol. Penurunan kadar kolesterol juga dapat menurunkan penumpukan plak pada dinding pembuluh darah. Kondisi ini dapat membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Menjaga Kesehatan Jantung
Kandungan vitamin C, serat dan senyawa kimia organic pada seledri dapat menjaga kesehatan kardiovaskular.

Meredakan Nyeri pada Arthritis
Seledri memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar sendi. Sehingga seledri sangat bagus dikonsumsi oleh orang yang menderita radang sendi, rematik, dan asam urat. Batang seledri memiliki efek diuretik yang membantu menghilangkan kristal asam urat di sekitar sendi.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Seledri dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena memiliki kandungan tinggi vitamin C dan antioksidan. Mengkonsumsi sayuran yang tinggi vitamin C secara teratur dapat mengurangi resiko terkena influenza dan penyakit menular lainnya.

Mendetoksifikasi Tubuh
Fungsi antioksidan yang terdapat pada seluruh bagian seledri dapat membantu tubuh untuk terhindar dari beberapa gangguan jika dikonsumsi secara teratur.

Mencegah Infeksi Saluran kencing
Efek diuretik pada seledri juga dapat bermanfaat untuk membantu mencegah infeksi saluran kemih pada wanita serta masalah pada ginjal.

Menurunkan Berat Badan
Minum jus seledri secara teratur sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Jus seledri memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat. Sehingga dapat memberikan rasa kenyang kebih lama dan membantu mengurangi makan berlebihan.

Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
Seledri memiliki kandungan natrium, kalium dan mineral yang membantu menjaga keseimbangan cairan pada tubuh.