(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

MAMFAAT BUAH SIRSAK PADA TUBUH

Admin banjar | 25 November 2018 | 3306 kali

Bisa dibilang, sirsak adalah salah satu buah favorit masyarakat. Berdaging buah berserat dengan rasa sedikit asam tapi segar, ternyata buah yang berasal dari Karibia ini mengandung banyak manfaat untuk kesehatan Anda!

Sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Kandungan gizi lainnya adalah vitamin C, vitamin B1, dan vitamin B2 yang cukup banyak. Namun, Anda harus waspadai bijinya karena beracun dan kerap digunakan sebagai insektisida alami sebagaimana biji srikaya.

  1. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Sirsak merupakan sumber serat yang sangat baik, dengan kandungan 7,4 gram per cangkir, yang bisa membantu Anda dalam mengatasi konstipasi serta mengurangi peradangan. Segala jenis makanan tinggi serat dapat memperlambat pencernaan dan menjaga kadar gula darah tetap stabil. Buah yang juga dijuluki sebagai durian belanda atau nangka belanda ini bisa membantu melawan penyakit jantung dengan menurunkan kolesterol jahat.

  1. Baik untuk sistem kekebalan tubuh

Sirsak mengandung vitamin C yang mana ini baik untuk sistem kekebalan tubuh. Dari satu cangkir sirsak, Anda akan mendapatkan setidaknya 46 mg vitamin C yang dapat membantu mengurangi keriput, hingga meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Penelitian telah menunjukkan bahwa seseorang yang kekurangan vitamin C lebih rentan terhadap infeksi. Meskipun penelitian tersebut menyebut bahwa vitamin C tidak berpengaruh banyak untuk pilek, tapi ada penelitian dari BioMed Research Internationalyang menunjukkan bahwa vitamin C bisa meminimalkan flu.

  1. Berkhasiat menstabilkan tekanan darah

Selain 47 mg zat besi, terdapat 626 mg kalium (atau potasium) dalam secangkir sirsak. Kalium dan natrium berkaitan, dalam arti jika kadar kalium rendah berarti natrium tinggi, yang mana ini berarti tekanan darah tinggi.

Kalium berfungsi untuk menyaring hal-hal buruk dari tubuh Anda, termasuk kelebihan garam. Kalium juga dapat membantu pembuluh darah tetap relaks, sehingga memungkinkan sirkulasi yang lebih baik.

  1. Senjata untuk melawan kanker

Berdasarkan sejumlah studi, sejumlah senyawa dalam buah sirsak memiliki sifat antikanker. Kendati begitu, dibutuhkan studi lebih lanjut agar hasil ini lebih valid dan dapat diaplikasikan pada pengobatan-pengobatan kanker di masa depan.

Studi yang dilakukan oleh lembaga Oxidative Medicine and Cellular Longevity, menunjukkan bahwa efek antiinflamasi graviola para sirsak memiliki prospek yang menjanjikan untuk melawan sel-sel kanker tertentu. Meski demikian, tanpa adanya penelitian dan uji klinis, klaim-klaim hanyalah kemungkinan.

Sirsak mengandung flavonoid. Dikatakan oleh dr. Muhammad Anwar Irzan kepada KlikDokter, manfaat flavonoid dalam tubuh manusia adalah untuk mencegah kanker, melindungi struktur sel, serta meningkatkan efektivitas vitamin C.

  1. Baik untuk saluran pernapasan

Jika Anda sedang batuk, flu, atau memiliki gangguan pernapasan lainnya, coba, deh, konsumsi sirsak! Buah ini memiliki sifat ekspektoran sehingga bisa Anda andalkan untuk menghilangkan dahak dan lendir—yang mana banyak patogen atau virus bisa hidup.

Sirsak juga mengandung asam askorbat yang dapat membantu melawan radikal bebas dan infeksi. Dengan mengurangi infeksi bakteri dan virus, Anda dapat mempercepat penyembuhan flu dan batuk. Selain buahnya, Anda juga bisa memakai rebusan buah sirsak untuk membantu menyembuhkan sinus dan meredakan tenggorokan.

Tak hanya buahnya, daun sirsak pun tak kalah bermanfaat

Ternyata, daun sirsak juga membawa banyak kebaikan untuk tubuh. Apa saja?

  • Daun sirsak mengandung zat yang dapat menghentikan perdarahan rektum dan juga membuat otot-otot sekitar dubur menjadi lebih relaks, sehingga bisa membantu para penderita wasir.
  • Banyak dimanfaatkan untuk mengatasi asam urat.
  • Ada pula beberapa penelitian bahwa daun sirsak cukup ampuh untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam darah. Daun sirsak juga mengandung serat dan antioksidan untuk mengusir kolesterol jahat dari makanan seperti gorengan.

Untuk mendapatkan manfaat dari buah sirsak (serta daunnya) secara optimal, kombinasikanlah dengan bahan makanan sehat lainnya. Terapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga sehingga kesehatan dan kebugaran tubuh pun terus terlindungi.