(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Evaluasi AKIP sebagai Upaya Perbaikan Kinerja

Admin banjar | 27 April 2023 | 84 kali

Laporan Hasil Evaluasi (LHE) AKIP merupakan dokumen hasil evaluasi terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang diterbitkan oleh lembaga yeng berwenang, dalam hal ini untuk pemerintah daerah diterbitkan oleh Inspektorat Daerah. Awal tahun 2023, telah diterbitkan LHE AKIP Kecamatan Banjar dimana tedapat beberapa rekomendasi terhadap pelaksanaan AKIP di Kecamatan Banjar tahun 2022. Untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut, Kecamatan Banjar mengadakan Focus Disscusion Group (FGD) dalam upaya perbaikan kinerja AKIP kedepannya.

FGD dibuka dan dipandu oleh Sekcam Banjar, Putu Widiawan, S.Sos., dengan menyampaikan tujuan FGD, yaitu :

1. Setiap bidang melaporkan hasil monev kinerja kegiatan tiap triwulan

2. Pentingnya melaksanakan rapat LHE AKIP karena menyangkut nilai untuk Kecamatan Banjar.

FGD kemudian dilanjutkan dengan paparan dari Camat Banjar, I Made Mardika, SE., tentang pentingnya melaporkan kinerja kegiatan. Adapun point penting dalam pencapaian kinerja diantaranya :

1. Rencana kerja dan program kegiatan;

2. Menyusun Kerangka Acuan Kerja (KAK);

3. Standar Operasional Prosedur (SOP);

3. Manajemen resiko;

4. Memimpin dan mendistribusikan tugas kepada bawahan, serta;

5. Monev tugas bawahan, evaluasi lembar kineja kerja staf.

 

Dari diskusi dan pembahasan yang dilaksanakan, dihasilkan rencana aksi terhadap rekomendasi LHE yang kedepannya menjadi acuan baik dalam perencanaan maupun pelaksanaan program kegiatan. Camat banjar dalam arahannya mengharapkan agar rencana aksi yang telah dihasilkan benar-benar bisa ditindaklanjuti oleh seluruh pegawai Kecamatan Banjar utamanya para Pejabat Struktural, sehingga akuntabilitas kinerja semakin meningkat.