(0362) 92503
banjar@bulelengkab.go.id
Kecamatan Banjar

Pantau Tumbuh Kembang Anak-Anak, Pahami Tahapan Tumbuh Kembang Anak Berdasarkan Usia

Admin banjar | 23 Oktober 2023 | 86 kali

Tahapan tumbuh kembang anak penting untuk diperhatikan oleh setiap orang tua, sehingga mereka bisa memantau sejauh mana perkembangan buah hati kesayangannya. Disamping itu, memantau perkembangan anak juga dapat membantu menemukan adanya ketidaknormalan selama masa pertumbuhan si kecil agar dapat dilakukan penanganan sejak dini.

Mari pahami tahapan tumbuh kembang anak mulai dari usia 1 tahun hingga menginjak lima tahun dalam artikel berikut ini.

Seiring bertambahnya usia, setiap anak pasti akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan, baik dari kemampuan fungsi kognitif, berkomunikasi, hingga motorik halus dan kasar. Berikut adalah penjelasan tahapan tumbuh kembang anak selengkapnya.

1. Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 1 Tahun

Pertumbuhan anak 1 tahun bisa dilihat dari berat badannya yang sudah mencapai kurang lebih tiga kali lipat dari berat badan lahirnya dan tingginya bertambah sekitar setengah dari ukuran panjang badannya saat baru lahir.

a. Kemampuan Fungsi Motorik Kasar dan Halus

Kemampuan motorik kasar pada anak usia 1 tahun di antaranya sudah bisa berdiri tegak dan berjalan secara perlahan tanpa bantuan. Selain itu, si kecil juga mampu bangun secara mandiri. Meski begitu, beberapa anak mungkin belum sanggup berdiri terlalu lama.

Jika dilihat dari aspek motorik halus, anak 1 tahun umumnya sudah bisa mengambil objek di dekatnya serta menggenggam benda di tangan dan memasukkannya ke dalam kotak. Si kecil biasanya juga sudah bisa meniru gerakan orang-orang di sekitarnya.

b. Kemampuan Fungsi Kognitif dan Bahasa

Pada usia 1 tahun, kemampuan fungsi kognitif anak pun mulai mengalami perkembangan, di mana ia mulai bisa memahami sebab-akibat, misalnya melemparkan bola dan memikirkan apa yang terjadi setelahnya. Dari segi bahasa, umumnya anak sudah bisa memberikan respons terhadap pertanyaan orang lain.

c. Kemampuan Fungsi Sosial dan Emosional

Pada aspek ini, anak terlihat sudah bisa merespons ucapan orang lain, misalnya dengan tersenyum, tertawa, atau melambaikan tangan. Terkadang, anak akan merasa sedih jika berpisah dengan orang yang dirasa dekat dengannya.

2. Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 2 Tahun

Ketika anak menginjak usia 2 tahun, umumnya anak akan mengalami penambahan berat badan 1,5–2,5 kg dan pertumbuhan tinggi bertambah sekitar 10–13 cm. Berikut adalah perkembangan anak 2 tahun jika dilihat dari beberapa aspek.

a. Kemampuan Fungsi Motorik Kasar dan Halus

Perkembangan kemampuan fungsi motorik kasar anak pada usia 2 tahun cukup pesat. Mereka sudah bisa menendang bola, menaiki tangga secara perlahan, hingga berlari kecil. Sementara itu, dari aspek motorik halus, si kecil sudah bisa membuka lembaran buku dan menyusun benda.

b. Kemampuan Fungsi Kognitif dan Bahasa

Perkembangan kemampuan fungsi kognitif si kecil pada usia ini sudah berkembang lebih jauh sehingga ia bisa mengenali perbedaan waktu dan melakukan sesuatu sesuai dengan instruksi dari orang lain. Anak pun mulai bisa mengucapkan dua kata secara jelas, misalnya “mau minum.”

c. Kemampuan Fungsi Sosial dan Emosional

Menginjak usia 2 tahun, anak sudah merasa lebih percaya diri. Jadi, jangan heran jika dia senang melakukan beberapa hal secara mandiri seperti menyikat gigi sendiri dan dapat menolak benda dari orang lain karena sudah bisa menentukan pilihannya sendiri.

3. Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 3 Tahun

Pertumbuhan anak di usia 3 tahun lebih dominan terjadi pada tinggi badan, jadi jangan khawatir jika si kecil tampak lebih kurus. Anak akan tumbuh sekitar 8 cm lebih tinggi jika dibandingkan dengan tinggi badan sebelumnya. Pada usia ini, anak-anak umumnya juga sudah memiliki gigi susu yang lengkap. 

a. Kemampuan Fungsi Motorik Kasar dan Halus

Tahapan tumbuh kembang anak usia 3 tahun tergolong berjalan pesat. Pada tahap ini, anak sudah bisa berlari, melompat-lompat, dan naik turun tangga sendiri. Sementara itu, kemampuan fungsi motorik halusnya meliputi menggambar bentuk tertentu, misalnya bulat atau segitiga.

b. Kemampuan Fungsi Kognitif dan Bahasa

Pada usia 3 tahun, anak sudah mulai memiliki lebih banyak kosakata baru dan aktif mengajukan pertanyaan. Sedangkan perkembangan kemampuan fungsi kognitifnya sudah bisa terlihat dari kemampuannya dalam menyusun puzzle dan dapat memahami 2–3 instruksi sekaligus.

c. Kemampuan Fungsi Sosial dan Emosional

Seiring dengan bertambahnya usia, anak tentu akan mulai menunjukkan kemandiriannya. Pada tahap ini, si kecil sudah bisa melakukan aktivitas tertentu secara mandiri tanpa bantuan, misalnya melepaskan pakaian atau mengambil alat makan sendiri.

4. Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 4 Tahun

Memasuki usia 4 tahun, biasanya anak sudah mulai diberi susu penambah berat badan yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. Pada usia ini, anak umumnya akan mengalami pertambahan tinggi sebanyak 8 cm dan kenaikan berat badan kurang lebih 2 kg.

a. Kemampuan Fungsi Motorik Kasar dan Halus

Perkembangan fungsi motorik kasar anak usia 4 tahun ditandai dengan kemampuannya dalam berjalan, berlari, dan bersepeda dengan baik tanpa bantuan orang dewasa. Sedangkan kemampuan fungsi motorik halusnya dapat terlihat dari kemampuannya dalam menggunakan gunting dan menulis huruf kapital

b. Kemampuan Fungsi Kognitif dan Bahasa

Perkembangan anak usia 4 tahun dalam segi fungsi kognitif salah satunya bisa menyebutkan nama secara lengkap dan memahami konsep perhitungan. Di samping itu, anak juga sudah bisa berbicara sebanyak 5–6 kalimat dan menceritakan suatu kejadian. 

c. Kemampuan Fungsi Sosial dan Emosional

Pada tahap tumbuh kembang ini, anak mulai bisa memahami perasaan orang lain. Jadi, jangan kaget jika ia ikut menangis ketika orang terdekatnya menangis.

5. Tahapan Tumbuh Kembang Anak Usia 5 Tahun

Perkembangan tinggi dan berat badan anak usia 5 tahun bisa berbeda-beda, tergantung dari masing-masing anak dan juga faktor genetik.

a. Kemampuan Fungsi Motorik Kasar dan Halus

Pada usia 5 tahun, perkembangan fungsi motorik kasar anak dapat terlihat dari kemampuannya dalam berlari, bergerak, bahkan jungkir balik. Sementara itu, perkembangan motorik halus pada anak usia 5 tahun misalnya sudah bisa menyebutkan nama-nama indra tubuh secara lengkap dan benar.

 

#KCBpastibisa

#banggamelayanibangsa

#PantauTumbuhKembangAnak