PULUHAN RIBU KRAMECATUR DESA MESUCIAN RING PURA LABUHAN AJI

  • Admin Banjar
  • 29 Oktober 2019
  • Dibaca: 128 Pengunjung

Sekitar puluhan Ribu  orang  pemedek ( warga) gelar upacara keagamaan dari Pura Pemulungan Agung Desa Gobleg menuju Pura segara Gobleg  di Labuhan Aji Desa Temukus Kecamatan. Banjar.

Upacara ini merupakan serangkaian  Pengrakih  Ida Batara Penghulu Dalem Tamblingan Desa Gobleg  yang di diikuti oleh warga Catur Desa ( Gobleg, Munduk, Gesing ,Umejero) Senin (28/10) ,pukul 14.00  Wita  berlangsung kegiatan melasti rangkaian  upacara Pengrakih  Ida Batara Penghulu Dalem Tamblingan Desa Gobleg  yang di diikuti oleh warga Catur Desa ( Gobleg, Munduk, Gesing ,Umejero.

Kegiatan  warga catur Desa Kecamatan Banjar Buleleng dengan Start dari Pura Pemulungan Agung  menuju  simpang  Managung  Desa Kayuputih menuju wilayah Desa Tirtasari , lanjut ke Wilayah Desa Banyuseri  di Pertigaan Desa Banyuseri mengarah Wilayah Desa Banjar ( di pura persimpangan Batu Gundul  mesandekan/ istirahat), lanjut melewati Wilayah Desa Banjar , Desa Desa Dencarik, Desa Temukus hingga mencapai Finish di Pura Segara Gobleg di Labuhan Aji ,Desa Temukus.

Perjalan warga saat mengikuti  melasti di  kawal Pecalan Catur Dalem Tamblingan dan jajaran Kepolisian sektor Banjar, Buleleng dengan jarak tempuh mencapai 20 kilometer

Sementara Lokasi  Pengamanan  jalur  dilaksanakan  oleh Pers Polsek Banjar  pada titik Pura Pemulungan Agung ,Desa Gobleg, Pertigaan menagung, Desa Tirtasari, Pertigaan munduk bestala ,menuju Banuuseri, Pertigaan Desa Banyuseri, Pura persimpangan di Batugundul Desa Banjar, Pertigaan menuju Dusun Prampas, Di Banjar Dns Munduk ,Desa Banjar, Simpang 4 Permandian Air Panas, Simpang 4  Exs Pasar Banjar, Pertigaan Kantor Desa Banjar, Simpang 4 Banjar ( jln Seririt – Singaraja) dan seluruh persimpangan kearah timur Mako Polsek Banjar hingga depan Pura Labuhan Aji. 10.000 kerama adat diperkirakan akan tiba di Pura Segara Gobleg Desa labuhan Aji pada pukul 18.00 wita

Upacara melasti(persembahyangan ) kerama adat Catur Desa tersebut rencana akan di gelar sampai 31 Oktorber 2019 dan kembali ke Gobleg  di Pura Pemulungan Agung.

Sementara seluruh Kerama Adat Desa Temukus, Desa se SCTPB yang sebagai pengempon di Kecamatan Banjar/Buleleng telah menanti tibanya kedatangan Kerama adat Gobleg  di Pura Segara Labuhan Aji.

Menariknya kegiatan Persembahyangan Umat Hindhu  juga diatensi oleh warga Muslim dari Banser Kecamatan Banjar/Buleleng

 

Download file disini

Share Post :