PERESMIAN BUMDESA GIRI AMERTHA DESA GESING KECAMATAN BANJAR

  • Admin Banjar
  • 10 Januari 2021

Sabtu, 9/1/21,Camat Banjar I Gede Arya Suardna membuka secara resmi Bumdesa"GIRI AMERTHA" Desa Gesing yang dilaksankan di Gedung Serbaguna Desa Gesing. Maka dari itu di Kecamatan Banjar sudah semua memiliki Bumdes yang mampu menggerakkan dan menumbuh kembangkan Ekonomi di Desa. Dik Kecamatan Banjar sudah 90% Bumdes sudah berjalan.

yang menjadi Masalah, hingga sampai saat ini, berbagai data menyebut bahwa sebagian besar BUMDes masih sebatas berdiri dan belum memiliki aktivitas peluang usaha rumahan yang menghasilkan. Sebagian lagi malah layu sebelum berkembang karena masih ‘sedikitnya’ pemahaman BUDMdes pada sebagian besar kepala desa.

Ada beragam masalah yang membuat ribuan BUMDes belum tumbuh sebagaimana harapan. Pertama, karena wacana BUMDes bagi banyak desa baru masih seumur jagung terutama sejak disahkannya UU Desa No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Maka dari itu Manajemen dan tatakelola harus terus ditingkatkan tidak usaha Simpan Pinjam saja yang bisa dilaksanakan tetapi peluang menjual kebutuhan sehari-hari dan menjual kerajinan/usaha Mikro Masyarakat di Desa itu sendiri niscaya perputaran ekonomi Desa semakin maju.

 

Share Post :