PENTINGNYA MENJAGA KEAMANAN LINGKUNGAN

  • Admin Bulelengkab
  • 19 Agustus 2016
  • Dibaca: 1697 Pengunjung

Upaya menjaga keamanan lingkungan sangatlah penting untuk dilakukan. Meskipun pemerintah telah menjamin keamanan kita, selaku warga negara, dengan mengerahkan aparat-aparat penegak hukum seperti polisi dan tentara, namun kita tetap bertanggung jawab atas keamanan lingkungan kita masing-masing.

Seperti yang telah kita tahu bahwa sekarang aparat-aparat pemerintah telah melaksanakan tugas dengan jauh lebih baik. Mereka menjalankan fungsinya setiap hari dengan disiplin.

Kendati demikian, kita harus tetap berpartisipasi mendukung terciptanya keamanan lingkungan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya tindak kejahatan yang bisa saja terjadi di waktu-waktu yang tak terduga ketika lepas dari pengamanan aparat-aparat pemerintah.

Di Indonesia, kita telah mengenal adanya program pengamanan oleh masyarakat yang sebenarnya sangat efektif jika dilaksanakan dengan baik. Program tersebut adalah sistim keamanan lingkungan atau yang biasa disingkat dengan siskamling.

Program tersebut diciptakan untuk mendukung upaya pemerintah dalam menjamin keamanan setiap warganya dari segala bentuk tindak kejahatan yang mungkin mengancam.

Di daerah perkotaan saat ini, jarang kita lihat program ini diterapkan. Namun di sebagian besar daerah-daerah pedesaan program atau kegiatan ini masih secara rutin diselenggarakan.

Tidak diberlakukannya sistim keamanan lingkungan di sebagian besar daerah perkotaan disebabkan oleh banyak faktor. Faktor yang paling utama yaitu karena kesibukan warga masyarakatnya terhadap pekerjaan yang tidak lagi memungkinkan diri mereka untuk menjalankan program kegiatan tersebut.

Faktor penyebab yang lain bisa saja karena warga masyarakat saat ini menganggap bahwa kondisi keamanan lingkungan di perkotaan telah sangat kondusif sehingga mereka memandang bahwa tidak perlu lagi melakukan kegiatan tersebut.

Manfaat Besar Siskamling untuk Lingkungan

Lingkungan yang sehat, aman, dan nyaman adalah tempat yang dibutuhkan oleh masyarakat untuk hidup. Oleh karena itu kita harus melaksanakan kewajiban-kewajiban kita selaku warga masyarakat terhadap lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal seperti yang kita harapkan.

Salah satu upaya yang bisa kita lakukan untuk menjamin keamanan lingkungan yakni dengan melaksanakan program kegiatan siskamling. Namun seperti yang telah kita bahas sebelumnya, beberapa faktor telah menyebabkan program kegiatan tersebut tidak lagi dianggap perlu untuk dilakukan.

Sebenarnya, siskamling memiliki manfaat yang jauh lebih besar daripada sekedar menciptakan lingkungan yang aman. Dengan siskamling, hubungan antar warga akan menjadi semakin erat, sehingga tidak lagi kita jumpai warga yang saling tidak kenal dengan tetangganya sendiri.

Jika hubungan antar warga berjalan dengan baik, maka persoalan-persoalan di lingkungan pun akan dengan mudah diatasi, sehingga terciptalah kehidupan yang sehat, aman, dan nyaman di lingkungan tersebut.
Upaya Mewujudkan Keamanan Lingkungan yang Bisa Kita Lakukan

Meskipun lingkungan kita terlihat aman-aman saja, namun sebaiknya kita tetap waspada karena tindak kejahatan bisa terjadi kapanpun dan dimanapun tanpa kita duga. Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kita lakukan.

Yang pertama, jika memungkinkan, sebaiknya kegiatan siskamling tetap dilakukan. Kemudian, kita harus selalu waspada terhadap orang asing. Bukannya kita berprasangka buruk, namun setiap orang asing atau pendatang harus memberikan keterangan yang jelas tentang asal-usul mereka, karena sekarang banyak kejadian dimana orang asing yang kelihatannya orang baik-baik ternyata dia adalah teroris.

Sebagai langkah antisipasi, sebaiknya kita tidak menyimpan uang cash terlalu banyak di dalam rumah. Demikian juga dengan perhiasan, sebaiknya kita menaruh perhiasan yang jarang dipakai di bank atau paling tidak di tempat yang paling aman dan tidak terduga sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di rumah kita, uang dan perhiasan kita akan aman.

Selanjutnya, kita perlu menyiapkan nomor-nomor telepon penting dan tanggap untuk segera menghubungi pihak-pihak yang berwenang jika terjadi masalah di lingkungan kita seperti perampokan, kebakaran, dan lain-lain. (PAS)

Share Post :